Sabtu, 12 Maret 2016

Tulisan 1 Akuntansi Internasional




MULTINASIONAL COMPANY
PT Mustika Ratu, Tbk
Profile Perusahaan
            PT Mustika Ratu, Tbk didirikan pada 14 Maret 1978, merupakan perusahaan kosmetik dan jamu modern tradisional ternama di Indonesia. Perseroan memiliki reputasi dan keahlian yang sangat baik dalam pengembangan produk-produjk kecantikan dan jamu kesehatan tradisional. Kegiatan perusahaan dimulai pada tahun 1978. Perusahaan telah tercatat dibursa efek Indonesia pada tanggal 27 Juli 1995. Beralamatkan kantor Pusat Graha Mustika Ratu. Jl.Gatot Subroto Kav. 74-75, Jakarta 12870 Indonesia.Telp (021) 8306754 – 59. Fax (021) 8306753. Website www.mustika-ratu.co.id E-mail info@mustika-ratu.co.id dan alamat pabrik di Jl.Raya Bogor Km 26,4. Ciracas, Jakarta 13740-Indonesia Telepon  (021) 8711291. Fax  (021) 8700987 memiliki Dasar Hukum Berdasarkan Akta No. 35 tanggal 14 Maret 1978, disahkan oleh Mentri Kehakiman RI berdasarkan SK No. Y.A.5/188/15 Tgl 22 Desember 1978.

Sejarah Perusahaan
            Sejarah panjang PT Mustika Ratu Tbk merupakan home industry yang didirikan oleh Ibu BRA Mooryati Soedibyo pada tahun 1975 yang dimulai dari dalam garasi kediaman Ibu BRA Mooryati Soedibyo. Usaha tersebut semakin lama semakin berkembang menjadi sebuah Perseroan. Perseroan yang didirikan di Jakarta yang ber domisili diJalan Gatot Subroto Kav. 74-75, dengan nama PT Mustika Ratu, Berdasarkan Akta Pendirian No. 35 tanggal 14 Maret 1978. Dengan menerapkan strategi yang kokoh dan kinerjaterarah, kini Perseroan telah berkembang dan dikenal sebagai perusahaan kosmetika dan jamu tradisionalterdepan di tanah air. Perseroan telah menjalankan usahanya secara komersial itu terbukti dari Perseroan telah mendistribusi produknya ke wilayah Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung dan Medan. Untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat, secara resmi Perseroan telah mengoperasikan pabriknya pada tanggal 8 April 1981, dimana berlokasi di jalan Raya Bogor KM 26,4 Ciracas, Jakarta Timur.
Perseroan memiliki reputasi dan keahlian yang sangat baik dalam memproduksi barang – barang kosmetik, Obat tradisional serta minuman sehat, dan perawatan kecantikan. Dalam rangka memperkokoh struktur permodalan serta mewujudkan visinya sebagai Perusahaan
            Kosmetik dan Jamu Alami berteknologi Tinggi terbaik Di Indonesia, Perseroan mendapatkan persetujuan efektif dari Badan Pengawas Pasar Modal serta melakukan penawaran umum perdana dan mencatatkan sahamnya di PT Bursa Efek Jakarta yang sekarang telah berganti nama menjadi PT Bursa Efek Indonesia pada tahun 1995.
            Demi menjaga standar mutu, terhitung sejak tahun 1996 Perseroan telah mendapatkan sertifikat ISO 14001 dan ISO 9002. Kemudian pada tahun 2009 Perseroan menerapkan standar international 9001 (versi terbaru dari ISO 9001:2008) tentang sistem Manajemen lingkungan. Selain itu Perseroan telah memperoleh sertifikat Good Manufacturing Process (GMP) pada tahun 2004, sertifikatHalal untuk produk teh tahun 2010 dan sertifikat Halal untuk produk jamu tahun 2011.
            Kegiatan usaha Perseroan yaitu meliputi : Perseroan berdomisili di Jalan Gatot Subroto Kav. 74-75, Jakarta Selatan dan pabrik berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 26,4 Ciracas, Jakarta Timur. Yang membedakan Perusahaan dengan Perusahaan kosmetik lain, Perseroan senantiasa menjalankan bisnis dengan berpegang pada filosofi budaya ketimuran dan nilai-nilai utama Perseroan yaitu Integrity, Professionalism, dan Entrepreneurship.
            Melalui nilai-nilai tersebut, Perseroan tidak saja memproduksi setiap produk yang dikelola berdasarkan target, tetapi senantiasa mengutamakan kualitas dan keindahan sehingga berhasilmendapatkan posisi istimewa sebagai perusahaan kosmetik kecantikan dan jamu kesehatan terdepan di hati masyarakat luas. Kini, Perseroan telah memiliki portofolio produk dan jumlah distributor yang besar yang menjadikannya sebagai salah satu perusahaan produk kosmetik kecantikan dan jamu kesehatan terbesar dan paling terdiversifikasi di Indonesia dari segi produk, lokasi, dan segmen pasar.
Visi Menjadikan warisan tradisi keluarga leluhur sebagai basis industri perawatan kesehatan kebugaran dan kecantikan penampilan paripurna (holistic wellness) melalui proses modernisasi teknologi berkelanjutan namun secara hakiki tetap mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari alam. Misi Falsafah kesehatan kebugaran dan kecantikan penampilan paripurna (holistic wellness) yang telah lama ditinggalkan masyarakat luas, digali kembali oleh seorang Puteri Keraton sebagai Royal Heritage untuk dibagikan kepada dunia sebagai karunia Tuhan dalam bentuk ilmu pengetahuan yang harus dipertahankan dan dilestarikan.
            Berdasarkan RUPS yang diaktakan dengan akta No.122 tanggal 20 juni 2012  maka susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan Pada tanggal 30 Juni  2014 adalah:
Presiden Komisaris                 : Haryo Tedjo Baskoro, MBA
Komisaris Independen            : Prof. DR. F. G. Winarmo
Komisaris                                : Darodjatun Sanusi, MBA
Presiden Direktur                    : Putri Kuswisnuwardani, Mba
Direktur                                   : Dawi Nur Handayani, BBA
                                                : Arman S, Tjitrosoebono, MBA
Jumlah Saham Beredar
            Pada tahun 2014 memiliki jumlah saham beredar sebanyak 428.000.000 dengan nilai nominal Rp 125 per saham. Dengan Modal dasar sebesar 100.000.000.000 dan Modal Ditempatkan & Disetor sebesar 53.500.000.000. Kegiatan Usaha Industri jamu dan Kosmetik Tradisional  Bidang usaha Bergerak dalam bidang usaha pabrikasi, perdagangan, Distribusi jamu, kosmetik tradisional, minuman sehat. Kegiatan usaha perusahaan adalah memproses pabrikasi, perdagangan dan distribusi jamu dan memproduksi barang-barang kosmetik. Obat tradisional serta minuman sehat dan perawatan kecantikan.

Anak Perusahaan
            PT.Mustika Ratu, Tbk memliki anak perusahaan sebanyak lima anak perusahaan yang berada di Jakarta dan di Malaysia. tiga perusahaan yang terdapat di Jakarta bernama PT. Mustika Ratubuana Internasional, PT. Mustika International Laboratories dan PT. Paras Cantik Kenanga kegiatan usahanya adalah Distribusi dan Perdagangan. Sedangkan 2duaPerusahaan yang berada di Malaysia bernama PT.Mustika Ratu (M) Sdn. Bhd. Yang kegiatan usahanya adalah Distribusi dan Perdagangan serta PT. Mustika Ratu Properties yang kegiatan usahanya adalah Penyewaan Properti.

Ekspor
            Perusahaan terus memperluas pasar Ekspor dengan membuka negara tujuan ekspor baru. Perusahaan tetap berupaya melakukan pengembangan pasar terutama pada penjualan produk maupun penjualan frienchise spa yang khusus nya pada negara yang selama ini menjadi tujuan expor antara lain yaitu Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Hongkong, Vietnam, Rusia, Jerman, Kamboja, China, Turki, Mexico, Filipina, Myanmar, Laos, Nigeria,Aljazair, Dubai, Saudi Arabia dan Rusia.

Standar Akuntansi
Standar berikut ini berlaku untuk laporan keuangan yang periodenya dimulai pada atau setelah 1 Januari 2015:
PSAK 1 (2013) - “Penyajian Laporan Keuangan”;
PSAK 4 (2013) - “Laporan Keuangan Tersendiri”;
PSAK 15 (2013) - “Investasi pada Entitas Asosiasi dan Ventura Bersama”;
PSAK 24 (2013) - “Imbalan Kerja”;
 PSAK 65 - “Laporan Keuangan Konsolidasian”;
PSAK 66 - “Pengaturan Bersama”;
PSAK 67 - “Pengungkapan Kepentingan dalam Entitas Lain”;
 PSAK 68 - “Pengukuran Nilai Wajar”;
Grup sedang menganalisa dampak penerapan standar akuntansi revisi/ baru tersebut di atas terhadap laporan keuangan konsolidasian Grup.

Sumber : Laporan Tahunan / Annual Report PT. Mustika Ratu, Tbk tahun 2014
Tulisan ini untuk memenuhi tugas softskill Mata Kuliah Akuntansi Internasional
Dosen : Jessica Barus, SE.,MMSI.
Nama   : I. Andani
UNIVERSITAS GUNADARMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar